5 Langkah Memilih Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Membangun sebuah bisnis memang mengharuskan anda mempunyai modal. Bila tidak punya modal sendiri, maka pinjaman dapat menjadi solusinya. Tapi bagaimana anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan bila anda tidak punya aset yang akan dijaminkan?

Bisnis memang sering dianggap sebagai solusi dari masalah keuangan yang tidak menentu. Untuk karyawan yang merasa memperoleh gaji yang tidak cukup, maka bisnis dapat dipakai untuk mencari penghasilan lebih. Sementara untuk mereka yang merasa kurang beruntung dan sulit memperoleh pekerjaan, bisnis juga dapat menjadi solusi. Sebab di dalam bisnis tidak ada batasan usia ataupun pendidikan. Tetapi di dalam berbisnis anda pasti membutuhkan modal. Lantas bagaimana caranya anda bisa memperoleh pinjaman modal usaha tanpa jaminan? Berikut adalah langkah tepatnya.

pinjamanbpkb.com

5 Langkah Memilih Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Untuk membuka sebuah usaha, memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Bila dana tabungan tidak cukup, anda harus menimbang untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Apalagi jika anda sedang membangun bisnis dari nol. Sebenarnya modal tidak akan jadi masalah saat dana yang ada di tabungan cukup. Tapi bila tidak, solusi terbaik adalah mencari pinjaman modal. Lalu bagaimana anda bisa mendapatkan pinjaman tersebut?

1. Pelajari Usaha Yang Akan Anda Jalankan

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah anda harus tahu seperti apa skala usaha yang nantinya akan dijalankan. Tujuan dari hal ini adalah agar anda dapat menentukan kisaran modal yang diperlukan untuk membangun bisnis tersebut. Jika bisnis yang anda jalankan masih berskala rumah tangga, tentu modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Bisa saja hanya dalam hitungan jutaan rupiah, sebab anda dapat memanfaatkan berbagai macam peralatan yang ada di rumah. Namun bila usaha anda mempunyai skala besar seperti membuka cafe atau restoran tentu anda membutuhkan modal hingga puluhan juta.

RECOMENDED
Kenali Metode Penipuan OVO, Modus Baru yang Menguras Saldo Anda

2. Hitung Semua Kebutuhan Modal Secara Matang

Usaha dan skalanya sudah ditentukan, selanjutnya anda harus melakukan penghitungan modal. Anda bisa menuliskan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis baru anda tersebut. Mulai dari bahan baku, biaya yang meliputi biaya operasional, gaji pegawai dan lainnya. Saat anda memperhitungkan besaran modal secara matang, anda tentu akan mengetahui seberapa besar jumlah modal yang diperlukan di dalam membuka bisnis baru anda tersebut.

Disamping menghitung modal secara tepat, anda harus menghitung pula cicilan pinjaman modal usaha yang anda pinjam. Ini agar anda dapat menyusun target penjualan setiap bulannya. Dengan demikian untuk cicilan pinjaman per bulan dapat dibayarkan tepat waktu dan tidak akan bermasalah.

3. Siapkan Semua Persyaratan yang Dibutuhkan

Untuk bisa mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, maka anda harus mengantisipasi pengajuan anda ditolak. Caranya anda harus mempersiapkan semua persyaratan secara lengkap. Karena kurang satu persyaratan saja pengajuan pinjaman anda bisa ditolak. Umumnya syarat yang diberikan berupa KTP, Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP, Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP dan juga rekening koran. Namun terkadang ada juga syarat tambahan lain yang sering diberikan oleh pihak penyedia pinjaman seperti fotocopy surat nikah, fotokopi kartu keluarga dan lainnya.

4. Lihat dan Pahami Apa Saja Ketentuan Yang Berlaku

Selanjutnya untuk mendapatkan pinjaman modal usaha yang tanpa menggunakan jaminan anda harus mempelajari fitur serta ketentuan yang berlaku. Masing-masing penyedia pinjaman modal usaha tentu mempunyai ketentuan yang berbeda-beda.

RECOMENDED
Prosedur Pinjaman Modal Kerja Dengan Jaminan SPK untuk Kontraktor

Oleh sebab itu, anda harus membandingkan antara penyedia pinjaman modal usaha yang satu dengan yang lainnya. Agar anda mendapatkan penawaran yang terbaik dan yang menguntungkan anda harus memperhatikan plafon pinjaman yang diberikan. Mulai dari masa tenor nya, suku bunga, jumlah cicilan perbulan, denda keterlambatan, penalti bila membayar lunas lebih awal. Sampai dengan biaya administrasi yang dikenakan oleh pihak pemberi pinjaman.

5. Teliti Dalam Memilih Penyedia Pinjaman

Langkah terakhir yang harus anda tempuh agar memperoleh pinjaman modal usaha adalah dengan memilih penyedia pinjaman yang sudah terpercaya. Penting sekali bagi anda untuk mengetahui apakah penyedia pinjaman modal usaha yang dipilih adalah penyedia pinjaman yang kredibel dan dapat dipercaya. Anda harus melakukan hal ini supaya anda dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti risiko pada tindak penipuan.

Lantas bagaimana cara untuk mengetahuinya? Caranya dengan mengecek keadaan kantor resmi dari penyedia pinjaman. Bila alamatnya ada pada google maps, maka anda dapat mempercayainya. Anda juga bisa menanyakan ke beberapa orang terdekat seperti teman dan juga kerabat mengenai reputasi dari penyedia pinjaman tersebut. Oleh sebab itu, anda akan terhindar dari penipuan yang mungkin terjadi.

Dengan mengetahui berbagai macam cara untuk memilih pinjaman modal usaha tanpa jaminan melalui langkah yang tepat. Maka anda akan mendapatkan modal usaha sesuai yang anda butuhkan dengan angsuran yang ringan dan juga tanpa jaminan. Sehingga anda bisa memulai bisnis anda dengan mudah dan lancar.

[Total: 0    Average: 0/5]

Ahmad Salim
About Ahmad Salim 75 Articles
Maaf jika belum bisa memberikan yang terbaik di tahun ini :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*