4 Langkah Memperoleh Bantuan Modal Usaha Untuk Bisnis Online

Saat ini bisnis online sudah bukan hal baru lagi di tengah-tengah masyarakat. Siapapun dapat menjalankannya agar mereka mempunyai tekad yang kuat untuk memulai bisnis ini. Dalam menjalankan bisnis online, modal yang menjadi salah satu komponen penting juga diperlukan. Tetapi modal yang dibutuhkan dalam bisnis online tidak sesulit seperti saat anda menjalankan bisnis offline. Ada banyak langkah yang bisa ditempuh untuk mendapatkan bantuan modal usaha untuk bisnis online.

blog.jejualan.com

Dengan menerapkan langkah untuk mendapatkan bantuan modal usaha untuk bisnis online, maka anda bisa menjalankan bisnis dan meraih kesuksesan. Ada cara yang mudah untuk memperoleh modal bisnis, cukup membawa agunan atau jaminan ke lembaga pembiayaan seperti bank. Sehingga anda bisa memperoleh uang untuk digunakan sebagai modal. Tapi tentu anda akan terbebani untuk melunasi nya. Oleh sebab itu, sekarang ada alternatif yang bisa dilakukan untuk memperoleh bantuan modal bisnis selain dengan menggunakan jalan meminjam.

Alternatif Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Untuk Bisnis Online

Saat anda menjalankan bisnis online, anda dapat memasarkan produk berupa barang atau jasa secara online. Ada juga bisa membidik target pasar dengan menggunakan tools yang tersedia di internet. Bahkan saat anda menjalankan bisnis online anda bisa menjalankan bisnis yang nyaris tanpa modal dengan menerapkan sistem dropship. Bila anda masih bingung darimana mendapatkan pendanaan modal bisnis online, maka di bawah ini akan kami bagikan rahasianya.

1. Modal Dari Tabungan Pribadi

Alternatif pertama agar bisa memperoleh modal bisnis selain dengan cara meminjam yakni dengan menabung. Teknik konvensional seperti ini terbukti efektif. Agar anda bisa memperoleh modal usaha dengan menyisihkan keuntungan usaha secara rutin. Anda mempunyai dana cadangan yang bisa dipakai untuk modal sewaktu-waktu saat membutuhkan.

Bagi anda yang menjalankan bisnis online, anda dapat memulai menabung dari hasil penjualan online dan berkomitmen untuk tidak memakai dana cadangan atau tabungan tersebut bagi keperluan lain. Dana tersebut hanya bisa dipakai untuk permodalan bisnis yang sedang anda jalankan saat ini.

2. Kerjasama dengan Teman

Bila tabungan anda tidak cukup banyak untuk dijadikan modal, maka anda dapat menempuh cara lain yakni mengajak keluarga atau teman dengan visi bisnis yang sama untuk bekerja sama menjalankan bisnis online. Walaupun rekan anda adalah seseorang yang sudah dikenal dengan baik, tetapi harus ada perjanjian tertulis supaya profesionalitas selalu terjaga dan terjalin antara hubungan bisnis anda berdua.

Dengan jalinan atau jaringan pertemanan yang anda punya saat ini, anda bisa saja mendapatkan modal usaha. Anda tinggal hubungi teman-teman yang berpotensi membantu permodalan untuk diajak bicara. Sesudah bertemu, anda bisa menyampaikan maksud anda dan menjelaskan secara menarik konsep serta visi misi bisnis online yang anda jalankan. Ajak teman anda untuk bergabung dengan bisnis yang sedang anda bangun ini. Anda bisa memberikan mereka keyakinan dan juga harapan besar terhadap bisnis yang dijalankan. Dengan cara tersebut anda bisa memiliki peluang untuk memperoleh modal usaha tanpa meminjam, karena teman anda juga akan ikut terlibat di dalam bisnis ini.

3. Jadi Dropshipper

Istilah dropshipper adalah seseorang yang menjalankan tugas marketing sekaligus menjual produk atau jasa dari perusahaan tanpa perlu membeli barang. Para dropshipper ini hanya mencoba membantu untuk menjualkan produk dari produsen. Dengan mendapatkan keuntungan yang berupa komisi dari barang yang sudah berhasil dijual kan.

Dalam hal ini, dropshipper tidak berdiri sendiri sebagai penjual tetapi hanya diberi kepercayaan produsen untuk dapat menjualkan barang barangnya. Sehingga keuntungan yang didapat merupakan selisih harga yang sudah ditentukan produsen. Dari keuntungan atau komisi yang diperoleh dropshipper dapat memperoleh dana atau modal untuk menjalankan bisnisnya.

4. Crowdfunding

Di zaman yang teknologinya berkembang semakin canggih dan pesat ini, permodalan memang bukan hanya dapat dilakukan secara offline atau harus bertatap muka langsung. Sekarang anda bisa memanfaatkan teknologi digital seperti perangkat PC dan juga jaringan internet. Dengan demikian, anda bisa memperoleh sejumlah modal atau dana dari berbagai situs penyedia pelanggan dana crowdfunding.

Crowdfunding sendiri merupakan sebuah teknik pengumpulan atau penggalangan dana secara kolektif. Atau istilah mudahnya patungan yang dilakukan secara digital dari berbagai investor atau sponsor bagi sebuah project yang menjanjikan. Ada berbagai macam situs penggalangan dana yang dilakukan secara kredit. Beberapa situs permodalan penggalangan dana crowdfunding diantaranya adalah Kickstarter, rockethub, symbid, somolend, crowdfunder, crowdrise, indiegogo,crowdcube, appbacker dan masih banyak lagi.

Bila proposal yang diajukan cukup baik dan juga menarik sponsor, maka tidak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan bantuan modal usaha untuk bisnis online yang sedang anda jalankan saat ini. Modal atau dana tersebut akan diberikan dari beberapa situs penyedia dana crowdfunding yang ada.

[Total: 1    Average: 5/5]

Recommended For You

Disclaimer :

Diantara sebagian artikel di blog kami biasanya berisi informasi dari banyak macam sumber referensi. Hak cipta berupa teks, gambar, video serta link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut. Jika terdapat masalah terkait hal tersebut, Anda dapat menghubungi kami melalui pesan kontak disini.

About the Author: Yudha Pratama

Just a simple guy work for fun as Content & Copywriter. Graphic designer, Sketcher. Editor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *