Press "Enter" to skip to content

10 Tempat Wisata di Nagan Raya Terpopuler

Flirki Andek 0

Last updated on Agustus 7, 2019

Bicara soal berbagai destinasi wisata terpopuler saat ini pastinya mengasyikkan bagi para pelancong ataupun traveller. Maka dari itu siapa saja bisa langsung mendapatkan pengalaman terbaik dan paling sempurna dengan berbagai tempat wisata di Nagan Raya.

Seperti kita kenali sampai sekarang bahwa berbagai daftar destinasi wisata di Nagan Raya benar-benar menarik bahkan sampai sekarang bisa menghadirkan pengalaman berbeda dari tempat wisata lainnya.

Daftar Destinasi Wisata di Nagan Raya 

Pantai Seunagan

Menjadi sebuah tempat populer dimana traveller bisa menikmati berbagai macam keindahan pantai di Seunagan. Banyak potensi wisata dihadirkan dalam tempat satu ini karena memang pemandangan pasir putih kemudian dari komposisi air lautnya bisa memberi pengalaman terbaik dengan berbagai macam porsi dari sebuah pantai.

Tempat Wisata di Nagan Raya Terpopuler
Tempat Wisata di Nagan – Pantai Seunagan

Keunggulan dari Pantai Seunagan ini terletak pada pemandangan pasir putih kemudian spot bersantai di sekitar lokasi pantai. Jika beruntung Anda dapat menikmati beragam keuntungan mulai dari pemandangan matahari tenggelam, kemudian dari sisi fasilitasnya juga sangat menguntungkan. Terdapat beberapa fasilitas seperti tempat makan, area khusus bersantai di tepi pantai, kamar mandi umum, tempat ibadah, dan area parkir cukup luas.

Akses lokasi ke Pantai Seunagan terbilang mudah dicapai yakni di daerah Gamping, Kubang Gajah, Nagan Raya. Kawasan Pantai Seunagan ini memang dikenal memiliki pemandangan keren sebagai sebuah spot wisata pantai di Nagan Raya. Maka dari setiap wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya tiket masuk mencapai Rp 10.000 per orang. Kemudian dari harga parkir kendaraan roda dua mencapai Rp 2000 dan roda empat mencapai Rp 5000. Namun dari harga tiket masuk dan area parkir bisa saja berubah karena alasan tertentu, sehingga Anda harus membawa uang tambahan.

Danau Laut Tadu

Nagan Raya masih memiliki sebuah danau sekaligus menjadi tempat wisata populer saat ini yakni Danau Laut Tadu. Menariknya tempat wisata di Nagan Raya ini memberi pengalaman terbaik kepada pengunjungnya. Penawaran suasana alam yang terlihat asri kemudian menjadi lokasi paling cocok untuk menghindarkan diri dari suasana perkotaan.

tempat wisata di Nagan Raya
Danau Laut Tadu – Tempat Wisata Nagan raya

Dari tempat wisata Danau Laut Tadu ini memberi berbagai macam fasilitas menarik seperti tempat khusus mencicipi kuliner di sekitar danau, area parkir, kemudian beberapa permainan air yang bisa memberi kenyamanan saat berkunjung ke Danau Laut Tadu.

Meskipun dari sisi ketenarannya tidak terlalu tinggi, akan tetapi Masyarakat Nagan Raya masih menjadikan tempat satu ini sebagai destinasi favorit. Suasana tenang dan nyaman jadi keunggulan danau satu ini, sehingga tak jarang ada beberapa wisatawan menginap dalam beberapa hari dengan menggunakan akses hotel di Nagan Raya Aceh untuk bisa memaksimalkan waktu liburan.

Dari setiap pengunjung Danau Laut Tadu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 saja per orang. Namun harga dari tiket masuk tersebut kemungkinan besar bisa berubah saat suasana ramai pengunjung. Sedangkan dari akses lokasi ke Danau Laut Tadu terbilang mudah diakses, sehingga baik dari penggunaan sepeda motor ataupun mobil bisa dipilih. Lokasi Danau Laut Tadu berada di daerah Gampong Laut Tadu, Nagan Raya. Dimana durasi perjalanan dari pusat kota Nagan Raya Aceh tidak terlalu jauh.

Sungai Krueng Isep

Jika Anda saat ini menginginkan temat destinasi wisata murah dan sederhana untuk mengakses hari libur Anda cobalah datang ke Sungai Krueng Isep. Banyak masyarakat Nagan Raya menjadikan Sungai Krueng Isep ini sebagai modal destinasi wisata alam di Aceh. Bahkan kualitas air dari sungai ini terbilang baik karena langsung dari pegunungan Leuser. Sehingga dari sisi jernih dan segarnya bisa dirasakan.

Tempat Wisata di Nagan Raya
Sungai Krueng Isep

Meskipun tidak memiliki fasilitas lengkap, akan tetapi Anda bisa berhenti sejenak dengan menggelar tikar untuk duduk bersantai bersama keluarga ataupun teman dengan menikmati pemandangan sungai lebih berkualitas dan indah. Beberapa pemandangan seperti pepohonan rendah, perbukitan, dan pegunungan bisa jadi spot berfoto selfie, maka dari itu tak heran destinasi wisata sederhana ini banyak dikunjungi saat musim liburan tiba karena terbilang lebih murah untuk kalangan traveller.

Lokasi Sungai Krueng Isep ini berada di daerah Hutan Lindung Luser, kemudian dari sisi akses lokasi terbilang cukup menantang. Akan tetapi selama perjalanan nantinya Anda bisa menikmati segala bentuk pemandangan keren dan indah dari Pegunungan Leuser. Setiap wisatawan tak perlu mengeluarkan dana untuk membayar tiket masuk, namun cermati dari akses lokasinya yang mana alamatnya berada di Biang Baro Rambung, Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Pantai Naga Indah Permai

Sudah menjadi salah satu tempat wisata di Nagan Raya dimana sampai sekarang bisa menghadirkan banyak kesempatan berlibur dengan lebih maksimal. Pantai Naga Indah Permai ini terbilang unik karena memang memiliki pasir berwarna kecoklatan dan masih banyak pohon cemara tumbuh subur di sekitar pantai.

Pantai Naga Indah Permai Nagan raya

Jadi suasana romantis di sore sampai malam hari bisa tersaji di Pantai Naga Indah Permai ini. Bahkan ada banyak traveller menggunakan kesempatan liburan mereka untuk bisa berkunjung ke pantai satu ini sekedar menghilangkan penat dari dunia kerja dan akses perkotaan. Maka tak jarang fasilitas terbaik bisa dinikmati di Pantai Naga Indah Permai ini seperti tempat kuliner di sekitar pantai, kemudian beberapa wahana permainan air, hingga tempat bersantai akan memberi kepuasan kepada traveller.

Tak lupa dari ketersediaan fasilitas kamar mandi ataupun ruang ganti dan tempat ibadah semakin membuat sempurna momen liburan Anda di Pantai Naga Indah Permai. Waktu terbaik mengunjungi destinasi wisata ini adalah saat musim panas ataupun menghindari musim liburan karena jumlah pengunjung akan cukup banyak saat hari libur. Anda dapat mengunjungi Pantai Naga Indah Permai ini yang berlokasi di Daerah Gamping Kubang Gajah. Tidak cukup sulit dalam akses transportasinya, karena dari ketersediaan transportasi sepeda motor dan mobil bisa melintasi rute dari pantai indah satu ini.

Alue Gantung

Salah satu akses objek wisata di Nagan Raya Aceh bernama Alue Gantung yang mana memberi pengalaman menarik untuk semua traveller. Menjadi satu destinasi wisata sederhana di Nagan Raya tentunya dari sisi pengalaman berwisata akan jadi pilihan terbaik. Traveller dapat menikmati semua fasilitas terbaik dari Alue Gantung sebagai spot berenang dengan berbagai bebatuan di sekitarnya.

Alue Gantung - Tempat wisata di nagan raya
Alue Gantung – Tempat wisata di nagan raya_2

Meskipun Anda bisa menikmati akses berenang di Alue Gantung ini cobalah berhati-hati karena memang dari sisi bebatuannya cukup banyak. Sehingga kegiatan berenang dan berendam akan jadi pilihan terbaik selama berada di Alue Gantung. Sebuah sungai berbatu dimana Anda dapat menikmati suasana alam yang masih asri di sekitarnya, kemudian aktivitas lainnya seperti berfoto selfie dan menikmati suasana tenangnya akan memberi pengalaman terbaik.

Sayangnya dari sisi fasilitas di dalam tempat wisata di Nagan Raya ini masih belum terlalu lengkap. Karena mengusung wisata alam, maka fasilitas yang perlu dibawah pastinya seputar bekal makanan, dan juga baju ganti. Untuk itu, Anda harus bersiap-siap sebelum hari keberangkatan. Rute perjalanan ke tempat wisata di Nagan Raya ini terbilang cukup ekstrim. Berlokasi di Jl. Meulaboh – Beutong Ateuh, Blang Seunong, Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Aceh. Dimana durasi perjalanan dari pusat kota terbilang cukup jauh sehingga butuh kesiapan kendaraan lebih prima.

Taman Ratu Balqis

Taman Ratu Balqis - Wisata di Nagan raya
Taman Ratu Balqis – Wisata di Nagan raya

Menjadi satu destinasi populer di Nagan Raya dimana Taman Ratu Balqis ini memberi pengalaman menarik bagi wisatawan. Bentuk dari taman satu ini terbilang cukup menarik karena terdapat sebuah tugu dengan bentuk buah naga. Tak jarang masyarakat setempat menyebutnya sebagai taman perkebunan buah naga.

Akses dari lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Nagan Raya. Bahkan destinasi wisata ini memberi fasilitas menarik untuk tempat bersantai bersama keluarga dan juga ada beberapa arena bermain untuk kalangan anak-anak. Bisa dikatakan Taman Ratu Balqis ini menjadi sebuah destinasi wisata keluarga yang bisa memadukan antara tema wisata keluarga dan juga tema-tema wisata dengan konsep sederhana.

Biasanya traveller menggunakan kesempatan liburan di tempat wisata di Nagan Raya ini untuk bersantai dan juga berfoto bersama di sekitar tugu buah naga.

Pantai Suak Dama

Telah dipilih sebagai destinasi favorit sekaligus populer di Nagan Raya dimana Pantai Suak Dama ini dikenal memiliki suasana alami dan asri. Terlihat ada berbagai macam fasilitas tersaji untuk tempat bersantai seperti gazebo berukuran kecil. Ditambah lagi ada beberapa pondok untuk menyantap berbagai macam kuliner khas di sekitar lokasi pantai.

Pantai Suak Dama - Wisata di Nagan Raya
Pantai Suak Dama – Wisata di Nagan Raya

Jika dilihat dari suasana alam dan juga pemandangannya ternyata Pantai Suak Dama ini tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Bahkan ada banyak akses terbaik untuk berfoto sekaligus menikmati berbagai macam suasana alami yang ada di pantai satu ini. Jadi tak jarang traveller memanfaatkan waktu liburan mereka dengan mencoba berbagai macam fasilitas yang tersaji di Pantai Suak Dama.

Anda tak perlu khawatir soal fasilitas di pantai satu ini karena ketersediaan ruang ganti, kamar mandi, dan juga beberapa area parkir dan tempat ibadah. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Pantai Suak Dama dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Tetapi perlu diingat harga tiket masuk bisa saja berubah karena momen liburan dari setiap wisatawan yang cenderung membuat jumlah pengunjung cukup banyak. Lokasi Pantai Suak Dama ini berada di Gampong Babah Lueng, Kecamatan Tripa Makmur, Nagan Raya. Anda bisa menggunakan akses transportasi sepeda motor ataupun mobil karena memang kondisi jalannya sendiri terbilang cukup baik.

Masjid Gudang Buloh

Masih ada tempat wisata di Nagan Raya dalam tema wisata rohani yakni di Masjid Gudang Buloh atau bernama asli Masjid Jamik Syaikhuna. Masyarakat sekitar menjadikan Masjid satu in sebagai tempat wisata rohani. Karena memang ada sejarah masa lalu dimana tempat ibadah ini pada dulunya adalah gudang yang terbuat dari bambu. Kemudian sempat mengalami beberapa pembongkaran dan pembangunan, sehingga didirikanlah Masjid Gudang Buloh.

Masjid Gudang Buloh Nagan Raya
Masjid Gudang Buloh Nagan Raya

Dari tempat wisata rohani satu ini Anda bisa melihat bentuk bangunan Masjid yang terlihat unik, sedangkan dari sisi eksterior dan interiornya juga tidak sama dengan desain Masjid di sekitarnya. Sehingga dari situlah yang membuat Masjid satu ini benar-benar dikenal luas di Nagan Raya.

Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati dan mengunjungi destinasi bertema wisata rohani di Nagan Raya. Sedangkan dari akses lokasi menuju ke Masjid Gudang Buloh terbilang mudah karena berada di Kampung Ujong Pasi, Kecamatan Kuala, Nagan Raya.

Bendungan Irigasi Jeuram

Telah menghadirkan banyak pemandangan menarik dan unik dari sebuah bendungan irigasi Jeuram. Ada beberapa bendungan di Nagan Raya, bahkan dari Jeuram ini menjadi salah satu bendungan irigasi besar di Nagan Raya. Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi masyarakat sekitar telah menggunakan bendungan irigasi Jeuram ini sebagai tempat wisata di Nagan Raya. Selain memiliki fungsi sebagai fasilitas irigasi persawahan di Nagan Raya, bendungan ini juga memberi pemandangan keren.

Bendungan Irigasi Jeuram - Nagan Raya
Bendungan Irigasi Jeuram – Nagan Raya

Terdapat akses lokasi ke pintu bendungan dimana sangat disukai oleh para pengunjung saat datang ke destinasi wisata ini. Desain dari bendungan ini memang terlihat bertingkat-tingkat, kemudian Anda bisa memilih bagian bendungan yang cocok untuk spot berfoto. Setidaknya ada selisih ukuran ketinggian dari setiap level di bendungan Jeuram ini. Maka dari itu wisatawan sangat tertarik untuk melihat bagaimana akses terbaik dan pengalaman paling seru ketika berada di bendungan irigasi Jeuram.

Jika kita lihat dari sisi sejarahnya, bendungan di Nagan Raya ini sudah dibangun dari tahun 1991 sampai 1993. Sehingga dari segi usia sudah terbilang cukup tua, namun masyarakat masih memanfaatkannya sebagai sebuah saluran irigasi untuk lahan pertanian. Setiap traveller tak perlu memikirkan tarif tiket masuk karena tidak diperlukan alias gratis. Sedangkan untuk akses lokasi menuju ke bendungan irigasi Jeuram ini sangatlah mudah karena berada di Kecamatan Beutong, Nagan Raya.

Pegunungan Singgah Mata Beutong

Anda dapat menikmati semua destinasi wisata di Nagan Raya secara maksimal contohnya dari mengakses pegunungan Singgah Mata Beutong. Menariknya dari destinasi wisata ini menjadi salah satu area pegunungan yang memberi pemandangan indah. Tidak tanggung-tanggung karena dari ketinggian pegunungan satu ini mencapai 6000Mdpl, sehingga sampai sekarang masyarakat sekitar masih terus menjaga ketersediaan dan kelestariannya.

Pegunungan Singgah Mata Beutong - Wisata di Nagan Raya
Pegunungan Singgah Mata Beutong – Wisata di Nagan Raya

Aktivitas mendaki gunung Singgah Mata Bentong menjadi satu komposisi menarik karena memadukan aktivitas olahraga dan juga berwisata. Ada banyak pemandangan bisa Anda lihat secara langsung di destinasi satu ini. Bahkan para pendaki harus terus menjunjung tinggi syariat Islam ketika ingin mendaki. Jangan sampai Anda merusak dan mengotori gunung karena memang masyarakat sekitar masih terus mengawasi setiap pendaki.

Sekarang area seluas 1 km dari kaki gunung sudah masuk kawasan hutan lindung. Sehingga kehati-hatian traveller sangat diperlukan untuk tetap menjaga lingkungan pegunungan Singgah Mata Beutong. Dari destinasi wisata bertema alam pegunungan ini juga memberi akses paling baik untuk menghilangkan rasa penat.

Sehingga pilihlah waktu terbaik yang sebisa mungkin menghindari cuaca ekstrim seperti di musim penghujan. Tidak sedikit traveller memilih untuk menikmati indahnya tempat wisata di Nagan Raya ini dengan cara-cara sederhana seperti mendaki bersama dengan teman-teman ataupun bisa menggunakan pemandu yang berpengalaman dalam mendaki gunung.

Sejumlah potensi besar dalam destinasi wisata di Nagan Raya kini sudah semakin tinggi. Ada banyak pemasukan dari sektor pariwisata bahkan sekarang ketersediaan dari tempat wisata di Nagan Raya sudah ditambah. Maka dari itu tak jarang informasi paling update dalam tema tempat wisata di Nagan Raya ini harus bisa Anda akses. Sampai akhirnya potensi besar dan paling sempurna akan terus membuahkan hasil sempurna sebagai satu momen untuk eksplorasi semua daerah wisata di Nagan Raya.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *